Kinerja Pemerintahan Jokowi 2016 Tumbuhkan Optimisme Kata Setya Novanto

Partai Golkar menilainya kemampuan perekonomian 2016 di dalam kondisi global yang penuh ketidakpastian bisa mendatangkan optimisme. Partai Golkar bahkan juga yakin perkembangan ekonomi 2017 dapat menjangkau minimum 5, 2 %.

“Optimisme itu didasarkan pada pelebaran basis pajak jadi efek kesuksesan kebijakan tax amnesty serta pembangunan infrastruktur yang dalam dua th. paling akhir ini jadi prioritas pemerintah, ” kata Ketua Umum DPP Partai Golkar, Setya Novanto, dalam info persnya, Senin, 26 Desember 2016.

 

Perkembangan ekonomi 2016 diprediksikan bisa tumbuh 5-5, 1 %. Angka perkembangan ekonomi 2016 tunjukkan tingkat perkembangan ekonomi Indonesia jadi satu diantara yang teratas didunia.

“Kita cuma ada dibawah China serta India, perkembangan ekonomi 2016 juga bertambah dari th. terlebih dulu. Hal Ini mengisyaratkan kemampuan kita yang tambah baik serta semakin berkwalitas, ” katanya.

Menurut Novanto, perkembangan ekonomi yang berkwalitas begitu perlu untuk tercapainya kesejahteraan orang-orang. Capaian-capaian ukuran kesejahteraan yang diperlihatkan dengan angka pengangguran, kemiskinan serta kesenjangan pada th. ini menuju ke arah yang tambah baik.

“Tingkat pengangguran menjangkau 5, 61 %, turun di banding Agustus 2015 yang menjangkau 6, 18 %. Tingkat kemiskinan juga turun dari 11, 22 % pada Maret 2015 jadi 10, 86 % pada Maret 2016. Demikian juga dengan tingkat kesenjangan, yang diliat dari tanda rasio alami perbaikan dari di level 0, 41 pada Maret 2015 jadi 0, 397 pada Maret 2016, ” katanya.

Tetapi, perkembangan ekonomi yang masih tetap didominasi aspek mengkonsumsi butuh memperoleh perhatian serius. Karenanya, perbaikan iklim investasi lewat serangkain paket kebijakan ekonomi mesti selekasnya diimplementasikan.

“Sejalan dengan itu, Revolusi Mental untuk melakukan perbaikan tingkah laku serta kemampuan birokrasi tidak dapat ditunda-tunda supaya terlepas dari tingkah laku koruptif seperti ; pungutan liar serta praktek KKN, ” tuturnya.

Perkembangan berkwalitas harus juga dilakukan tindakan dengan kebijakan industrialisasi serta redistribusi aset jadi tindak lanjut program reforma agraria. “Skema redistribusi aset dalam program reforma agraria mesti digerakkan dengan skema legalisasi aset tanah. Sebab, kebijakan ini begitu merakyat serta menyentuh akar problem ketimpangan pembangunan, ” kata Novanto.

Optimisme pada perekonomian 2017 juga dikuatkan dengan kebijakan reindustrialisasi lewat kiat hilirisasi industri serta pendekatan pengembangan industri berbasiskan kewilayahan. Dengan kiat ini, menurut Setya Novanto , industri pemrosesan bisa tumbuh 5, 2-5, 4 % pada 2017, diatas tujuan perkembangan ekonomi 5, 1 % sesuai sama APBN.

“Di samping itu, pemerintah juga butuh menyimpan perhatian atas kesenjangan dunia industri serta dunia pendidikan. Terlebih kita ditempatkan pada tantangan MEA serta pertandingan di bidang ketenagakerjaan. Karenanya, pendidikan kejuruan butuh ditingkatkan, terkecuali untuk penuhi keperluan industri, juga untuk tingkatkan daya saing kita, ” tuturnya.

Usaha penambahan pemerataan pembangunan harus juga memerhatikan pemakaian dana desa yang bertambah tiap-tiap th., untuk 2017 menjangkau 60 triliun. Penambahan kemampuan aparatur desa dan pengawasan pada alokasi biaya mesti jadi konsentrasi.

“Jangan hingga salah kelola hingga tidak pas tujuan, terlebih berlangsung penyelewengan yang pada akhirnya merugikan warga desa, ” katanya.

Leave a Reply