Demi Perkuat Sistem Presidensial, Setya Novanto Janji Akan Bekerja Keras

Ketua DPR yang baru dilantik Setya Novanto menyebutkan pihaknya juga akan berusaha keras membuat DPR dan membuat kerja sama yang baik dengan Presiden manfaat menguatkan system presidensial.

“Saya mengatakan terima kasih sudah ditunjuk kembali jadi Ketua DPR RI, ” kata Setya Novanto pada komunitas rapat paripurna di Gedung MPR/PR/DPD RI, Jakarta, Rabu (30/11).

Menurut Novanto, DPR RI yang dalam kepemimpinannya juga akan melakukan program-program dalam tiga peranan DPR dengan bersama, baik di bagian legislasi, pengawasan, ataupun peranan biaya.

“Saya mohon pada semua anggota Dewan, mari kita majukan Dewan ini dengan sebaik-baiknya, ” tuturnya.

Novanto juga mengajak semua anggota Dewan untuk lebih memprioritaskan kebutuhan bangsa serta negara dan kebutuhan rakyat Indonesia daripada kebutuhan pribadi serta grup.

Terlebih dulu, Novanto diumumkan pimpinan rapat paripurna DPR RI, jadi ketua DPR RI pengganti Ade Komaruddin yang diberhentikan oleh Mahkamah Kehormatan DPR RI.

Pimpinan rapat paripurna DPR RI, Fadli Zon lalu, memohon fraksi-fraksi mengemukakan pandangan serta sikapnya pada pemberhentian Ade Komarudin dan penetapan Setya Novanto jadi ketua DPR RI.

Ke-10 fraksi di DPR RI, semuanya mengemukakan pandangan, sepakat pada pemberhentian Ade Komarudin dan mensupport Setya Novanto kembali jadi ketua DPR RI.

“Setelah mendengar pandangan serta sikap dari fraksi-fraksi, semua menyebutkan sepakat pada pemberhentian saudara Ade Komarudin, ” tuturnya.

Setelah itu, Fadli bertanya kesepakatan anggota DPR RI pada penetapan Setya Novanto jadi ketua DPR RI.

“Apakah pergantian ketua DPR RI pada saudara Setya Novanto, bisa di setujui?, ” tuturnya Fadli.

“Setuju, ” teriak beberapa anggota DPR RI.

Fadli Zon juga segera mengetukkan palunya tanda disetujuinya Setya Novanto jadi ketua DPR RI.

Novanto lalu melakukan pengampilan sumpah serta jabatan jadi ketua DPR RI yang di pimpin oleh pimpinan harian Mahkamah Agung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *