Ketapang Kencana Dan Pohon Palem

Ketapang Kencana Dan Pohon Palem

Ketapang Kencana Dan Pohon Palem

Waktu sudah menunjukkan pukul sembilan lewat lima belas pagi hari. Kami memutuskan untuk pergi ketempat tujuan selanjutnya yakni, simpang lima gumul. Siapa sih orang di kediri yang tidak mengenal simpang lima gumul. Tempat kesukaan warga kediri yang dihiasi dengan berbagai jenis pohon mulai dari yang kecil seperti bunga bungaan hingga yang besar seperti pohon ketapang kencana dan pohon yang mirip dengan palem tapi aku lupa apa namnya.

Dari taman sekartaji kami memilih menuju ke utara dan melewati jembatan lama bandar. Jembatan lama bandar merupakan jembatan kebanggaan masyarakat di kediri. Walaaupun jembatan ini kecil dan sudah tua namun jembatan ini tetap kuat dan menjadi pilihan utama bagi warga kediri di bagian barat dan timur untuk saling terhubung. Pasalnya jembatan ini merupakan jembatan pertama di jawa timur atau dipulau jawa mungkin yang dibangun dengan menggunakan bahan besi baja. Tahu sendirilah seberapa kuatnya besi baja, jadi tak heran jembatan ini masih tetap berdiri kokoh walau beberapa kali sering terjadi kebakaran karena pengguna jalan yang membuang rokok sembarangan dan menyahut ke daun daun kering dari pohon ketapang kencana yang berjatuhan dibawah jembatan lama ini dan ditambah tiupan angin yang kencang sehingga membuat api cepat membesar dan menghabiskan beberapa bagian kayu yang ada di sebelah pinggir yang biasa digunakan sebagai jalan lewat bagi pejalan kaki.

Setelah melewati jembatan lama kami memilih berhenti sebentar untuk pergi ke taman kecil yang baru dibangun di samping jembatan. Taman ini memiliki ruas untuk jalan kaki yang disetiap pinggirnya ditanami tumbuhan kecil yang mungkin masih sejenis rumput rumputan. Jalannya dibuat memutar dan ditata dengan rapi setiap tata letak tumbuhan dan pepohonan kecilnya. Lagi lagi pohon ketapang kencana yang menjadi primadona ditaman ini. Dengan ukuran sedang dan ditambahi pula dengan beberapa hiasan. Kurang lebih adalah tiga puluh menit kami berada disini dan kami memutuskan untuk lanjut lagi ke pergi menuju simpang lima gumul karena beberapa orang sudah mulai datang juga ke taman kecil ini dan kami tidak mau jika mobil kami nanti akan menghalangi jalan seperti yang terjadi di taman sekartaji sebelumnya. Kami menuju kearah selatan lalu di pertigaan dekat kantor pos kota kediri kami belok ke kanan menuju arah timur.

Diseberang kantor pos yakni, sebelah selatan jalan merupakan sekolah dasar tempatku bersekolah dulu. Sekilas aku mengenang masa saat aku belum pindah rumah ke selomangleng dan masih bersekolah di sekolah dasar ini yang bernama sekolah dasar negeri smemapir kediri. Dulu sering sekali aku dan teman temanku bermain dilingkungna sekolah yang kecil ini. Meski sekolah kami kecil namun pohon ketapang kencana dan pohon kersen juga bunga bungaan ditata dengan rapi dan memiliki jarak yang agak renggang sehingga tidak merusak suasana asri disekolah kami ini.

Leave a Reply