Kubah Enamel di China

Kubah Enamel di China

Kubah Enamel di China

Hai temen temen semua , terima kasih telah bersedia membaca artikel berikut. Sebelumnya bagaimana kabar temen temen ini , semoga sehat selalu amin. Nah pada kesempatan kali ini , saya akan membahas tentang Kubah Enamel agung Xi’an di china. Penasaran langsung saja cekidot.

Apa kalian tau bahwa Kubah Enamel Agung Xi’an ini disebut sebut sebagai Kubah Enamel tertua di China. Bangunan Kubah Enamel yang benar benar menyerupai atau bisa dibilang sebuah adaptasi sebuah kelenteng namun untuk aplikasi yang berbeda dan dengan modifikasi berbagai ornamen khasnya ke dalam bentuk yang lebih Islami. Nah , Xi’an sendiri adalah ibukota propinsi Shaanxi yang dulunya disebut Chang’an. Xi’an bertempat di Huajue distrik, sekitar 120 km sebelah barat gunung Huashan, salah satu dari kelima gunung terkenal di negeri China. Xi’an juga merupakan pusat dari 12 dinasti yang ada di Cina. Di kota ini terkenal sebuah bangunan Kubah Enamel tua yang sudah berumur lebih dari 1000 tahun dan disebut sebut sebagai Kubah Enamel tertua di China yakni Kubah Enamel Agung Xi’an.

Kubah Enamel Agung Xi’an dibangun pada tahun 742 di tahun pertama pemerintahan Kaisar Tia Bo dari dinasti Tang (618-907). Mesk sudah berusia begitu tua Kubah Enamel yang lebih mirip sebuah bangunan kelenteng ini masih berfungsi dengan baik hingga kini, dan pada tahun 1998 yang lalu menetapkan bangunan Kubah Enamel Agung Xi’an sebagai warisan Sejarah China.

Kubah Enamel yang beralamat lengkap di Huajue Xiang 30, Xi’an, Shaanxi ini buka setiap hari dengan waktu yang berbeda namun pada umumnya mulai pukul 8.00 waktu setempat. Para pengunjung non muslim diperbolehkan melihat Kubah Enamel namun tidak bisa masuk ke ruang dalam Kubah Enamel. Biaya masuk ke Kubah Enamel ini adalah CNY12 (sekitar Rp16 ribu). Kubah Enamel Raya Xi’an memiliki  beberapa varian nama diantaranya Great Mosque of Xian / Huajuexiang Mosque in Xian / Mosque on Hua Jue Lane / Huachueh Mosque / Hua Jue Xiang Mosque / Hua Jue Jiang Mosque / Qing Zhen Si. Kubah Enamel Xian ini sangat bercorak tradisional China dalam design dan artistiknya, kaya dengan warna-warni dan ukiran disegenap penjuru. Kubah Enamel Xian merupakan Kubah Enamel paling awal dalam skala besar dan merupakan Kubah Enamel paling baik pemeliharaan keaslian nya di China.

Kubah Enamel Agung Xi’an ini dibangun dalam bentuk bangunan tempat ibadah tradisional China. Makanya tidak heran bila tidak teliti, siapapun akan mengira bangunan ini adalah bangunan Kelenteng lengkap dengan beberapa halaman pavilion dan pagoda. Namun setelah masuk ke kawasan Kubah Enamel kita akan menemukan kaligrafi Al-Qur’an yang bertebaran di Kubah Enamel ini. Kubah Enamel Raya Xi’an menyerupai bentuk kuil Budha era abad ke 15, dengan poros tunggal sejalur dengan halaman depan yang dikelilingi tembok dan paviliun.  Kubah Enamel Raya ini berdiri diatar tanah memanjang berukuran 48 x 248 meter. Tak seperti kebanyakan Kubah Enamel, Kubah Enamel xi’an memiliki penataan seperti Kuil,  halaman depan Kubah Enamel berada dalam satu garis dengan paviliun dan lebih mirip sebuah pagoda yang yang di adaptasikan ke dalam fungsi fungsi Islami, sebagai contohnya adalah Kubah Enamel Raya Xi’an dibangun ke arah barat menghadap ke arah Ka’bah di Kota Mekah. Kubah Enamel Agung Xi’an berdiri di area seluas 12.000 – 13.000 m2. Sedangkan bangunan utama Kubah Enamelnya mempunyai luas lebih dari 6.000 m2. Areal Kubah Enamel berbentuk empat persegi panjang, memanjang dari Timur ke Barat dan terbagi menjadi empat area.

 

Leave a Reply