Neuroblastoma

Neuroblastoma

Neuroblastoma adalah kanker pada system saraf yang seringkali diketemukan pada saat kanak-kanak. Type kanker yang satu ini dapat tumbuh di beberapa sisi badan baca juga

Neuroblastoma mewakili 7–10% dari semuanya keganasan didiagnosis pada pasien anak-anak yang berumur lebih muda dari 15 th.. Biasanya neuroblastoma dihadapi oleh anak-anak umur lima th. ke bawah.

Penyebab

Seperti type kanker biasanya, sampai sekarang ini penyebabnya neuroblastoma masih tetap belum juga bisa di pastikan. Tetapi pada intinya, kanker berlangsung karna ada mutasi atau perkembangan beberapa sel yg tidak normal pada badan.

Sebagian aspek kemungkinan dihubungkan dengan perkembangan sel kanker. Dari mulai aspek genetik, gaya hidup, sampai lingkungan.

Diagnosis

Pemilihan diagnosis neuroblastoma diawali dari wawancara medis serta kontrol fisik. Jika neuroblastoma berada pada rongga perut, pasien umumnya mengeluhkan ada tonjolan pada perut, nyeri perut, serta masalah pencernaan.

Neuroblastoma bisa menghasilkan hormon katekolamin yang bisa terdeteksi dalam darah. Kemudian, kontrol pencitraan seperti USG abdomen serta CT Scan abdomen bisa dipakai untuk memerlihatkan deskripsi massa didalam perut. Kontrol CT Scan bisa dipakai untuk menolong dalam ambil contoh jaringan atau biopsi.

Tanda

Pasien neuroblastoma umumnya tunjukkan tanda serta sinyal sesuai sama tempat dari penyakitnya. Beberapa besar neuroblastoma berlangsung pada rongga perut. Karenanya satu diantara tanda yang dikeluhkan adalah ada massa atau tonjolan didalam perut. Diluar itu, tonjolan ini dapat juga mengakibatkan beragam yang dirasakan seperti sesak nafas karna penekanan ke paru atau nyeri perut.

Kanker pada daerah leher serta rongga thoraks juga akan mengakibatkan yang dirasakan sesak serta kesusahan menelan. Sedang yang dirasakan tumor yang telah menebar ke sum-sum tulang bisa mengakibatkan kelumpuhan serta nyeri.

Penyembuhan

Penyembuhan kanker saraf atau neuroblastoma cukup beragam, bergantung pada beragam aspek. Umpamanya aspek umur pasien, tempat, ukuran, serta penebaran tumor.

Pada step awal, di mana ukuran kanker masih tetap kecil serta bisa diangkat jadi pembedahan jadi pilihan therapy paling utama. Tetapi pada tumor yang telah menebar, jadi pilihan yang bisa diambil adalah kemoterapi atau therapy penyinaran.

Mencegah

Tak ada mencegah spesial untuk neuroblastoma. Sedang pada dewasa, resiko kanker pada umumnya bisa di turunkan dengan ikuti gaya hidup sehat seperti berhenti merokok, melindungi alur makan yang sehat, serta berat tubuh yang baik.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.