Jenis-jenis Screen yang Digunakan Untuk Menyablon Kaos

Apabila anda sedang menghasilkan sablon manual, papan sablon adalah sesuatu yang harus diperlukan dalam salah satu alat perlengkapan konveksi kaos jakarta.

Ada dua sisi pada papan sablon yaitu bagian utama adalah komponen bingkai dan sisi kain screen atau kasa. Di mana bingkai itu dipakai pada papan sablon, bisa berbahan baku dari alumunium atau kayu.

Mengenai gambar dan arah penggunaan meja. Meja yang seringkali dimanfaatkan untuk menghasilkan sablon ke bahan kain secara merata dapat dipecah ke dalam sejumlah kategori. Yakni dimulai dari screen kasar (48 T-90 T), screen sedang (120 T-150 T), sampai meja halus (165 T-200 T).

Huruf T yang disisipkan di depan angka tersebut umumnya disebut dengan Thick yang lalu disingkat T.

Ukuran T pada jagat sablon ini biasanya dimanfaatkan untuk menetapkan tingkat kerapatan dalam anyaman benang-benang screen. Kian besar angka itu, maka semakin rekat juga benangnya.

Nah berikut adalah ringkasan jenis-jenis screen yang digunakan dalam menyablon kaos. Yakni:

Jenis Screen KASAR (48 T- 90 T)

Screen kasar mempunyai rongga pori-pori yang lumayan lebar. Sebagian besar pori-pori yang lebar ini bisa mengirimkan tinta pada kuantitas yang lumayan banyak dan tebal.

Terdapat macam-macam standar screen kasar yang layak dipakai pada beragam kain yaitu :

  1. Screen 48 T – 55 T digunakan untuk mencetak sablon pada handuk, sprey, karung, dan selimut.
  2. Screen 62 T digunakan untuk mencetak sablon melalui gambar-gambar 3D seperti lem stiker serta baju.
  3. Screen 77 T dimanfaatkanuntuk memproduksi sablon ke media kaos dan sablon spanduk.
  4. Screen 90 T digunakan untuk mencetak sablon 3D dengan motif halus, kaca, serta komposisi tekstil.

Papan sablon berukuran tidak kecil dan tidak besar umumnya memiliki lubang pori-pori yang agak rapat. Screen dengan ukuran normal ini biasanya digunakan untuk mencetak sablon kain berbahan atau kaos yang tidak terlalu meresap cat. Contohnya yaitu semisal kertas, stiker, karton, kulit imitasi halus.

Adapun beberapa tipe screen sedang sesuai fungsinya adalah :

  1. Screen 120 T digunakan untuk membuat sablon khusus kertas karton, kayu, kulit imitasi, dan logam halus.
  2. Screen 150 T digunakan untuk menghasilkan mencetak sablon pada kertas, imitasi dan mika.

Jenis Screen Halus (165 T-200 T)

Pada umumnya meja sablon halus memiliki lubang pori-pori yang terlalu kecil dibanding dengan tipe meja sablon yang telah dipaparkan di atas. Pori-porinya yang amat kecil tersebut faktanya juga lumayan rapat sehingga papan sablon ini cuma bisa digunakan untuk menyalurkan tinta dalam kuantitas tidak banyak.

Misal jenis-jenis dari meja sablon halus ada tiga golongan yaitu :

  1. Screen T 165 digunakan untuk mencetak sablon khusus kertas dengan daya serap yang rendah. Screen T I65 ini dapat dimanfaatkan pada sablon plastik, logam serta kaca.
  2. Screen T 180 dimanfaatkan untuk mencetak sablon pada media plastik dan komposisi lainnya memiliki permukaan halus.
  3. Screen T 200 digunakan untuk mencetak sablon pada media kaca dengan teknik

Ringkasan tersebut yakni menyinggung jenis-jenis screen untuk membuat sablon. Ada meja sablon yang biasa dipakai dalam komposisi yang sejenis logam, kaca, plastik, kertas kayu dan sebagainya.

Akan tetapi jika anda akan memakai papan sablon untuk menghasilkan sablon, pilihlah papan sablon yang telah diulas tadi dengan cermat supaya sejalan dengan keinginan anda.

Leave a Reply