Benih Kopi Arabika Unggul

Benih Kopi Arabika Unggul

Kopi arabika atau yang mempunyai bahasa latin yaitu coffea arabica digunakan diduga pertama kali diklasifikasikan oleh seorang ilmuwan swedia bernama carl new atau karbon lain pada tahun 1753. jenis kopi arabika yang memiliki kandungan kafein sebesar 0,8 sampai 1,4% ini awalnya berasal dari brazil dan etopia.

arabika atau coffee arabica merupakan spesies kopi pertama yang ditemukan dan dibudidayakan manusia hingga sekarang. kopi arabika dapat tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 700 – 1700 meter diatas permukaan laut dengan suhu 16 derajat celcius dan 20 derajat celcius. tumbuhan kopi arabika cocok di tempat yang beriklim kering 3 bulan secara berturut-turut. jenis kopi arabika sangat rentan terhadap serangan penyakit karat daun atau hiv terutama bila ditanam di daerah yang elevasi kurang dari 700 m. sehingga dari segi perawatan dan pembudidayaan kopi arabika memang butuh perhatian lebih dibanding kopi robusta atau jenis kopi lainnya. kopi arabika saat ini telah menguasai sebagian besar pasar kopi dunia dan harganya jauh lebih tinggi daripada jenis kopi lainnya. dan kopi arabika ini memiliki rasa yang memiliki yang khas dan sangat enak sekali bagi para pencinta kopi di indonesia. di indonesia kita dapat menemukan sebagian besar perkebunan kopi arabika di daerah pegunungan toraja, sumatera utara, aceh dan beberapa daerah di pulau jawa.

Cara budidaya kopi arabika dengan baik dan benar agar mendapatkan kualitas hasil yang maksimal dan mempunyai harga yang tinggi :

  1. sebelum memulai penanaman sebaiknya kita memilih bibit atau bakalan yang akan kita buat sebagai bibit kopi arabika kopi arabika bisa ditanam dengan cara cangkok atau dengan bibit langsung. bagi anda yang tidak mengetahui terlalu banyak tentang seluk beluk budidaya kopi arabika sebaiknya untuk pembelian bibit anda ditemani oleh seseorang yang memang ahli dalam budidaya kopi arabika ini.
  2. selanjutnya kita harus mempersiapkan lahan tanam untuk menanam bibit pohon kopi tersebut usahakan lahan tanam tersebut terdapat cahaya matahari karena untuk berfotosintesis pohon kopi arabika tersebut. gali lahan berukuran 40 X 40 dengan kedalaman 40 cm jangan lupa campur kan tanah yang baru galian dengan pupuk kompos organik seperti kotoran kambing. Setelah lupa siap anda tinggal menanam pohon tersebut di dalam lubang galian tersebut.
  3. Untuk perawatan penyiraman sebaiknya dilakukan 1 kali sehari atau dua kali sehari disesuaikan dengan kondisi musimnya jika musim penghujan tidak perlu disirami karena akar dari pohon kopi ini juga dapat menampung air yang baik untuk pemupukan sebaiknya dilakukan satu bulan dua kali saja dengan pupuk organik atau anorganik.

 

Menurut para pemuka kopi jenis kopi arabika ini sangatlah mempunyai rasa yang khas dan dengan harganya yang cukup tinggi dibanding kopi kopi lainnya kopi jenis ini juga berkualitas baik. kopi arabika juga sangat disukai para penyuka kopi di seluruh dunia oleh sebab itu banyak yang membudidayakan pohon kopi arabika jenis ini karena dengan budidayanya yang sangat mudah serta untung yang sangat berlipat – lipat juga menarik perhatian bagi para pengusaha yang ingin budidaya kopi arabika tersebut.

Untuk menikmati kopi arabika sangatlah bermacam – macam dengan ciri khas daerah masing – masing ada juga menikmati kopi dengan cara digoreng dulu sampai hangus setelah itu ditumbuk atau dihaluskan dan ada pula yang di oven kalau dilembutkan dan masih banyak lagi.

Pembudidaya pohon kopi saat ini salah mempunyai banyak untung dikarenakan karena setiap tahunnya para penikmat kopi bertambah serta semakin banyak cafe atau restoran atau warung warung yang menghidangkan beberapa jenis kopi dengan caranya yang masing-masing kopi saat ini sangatlah seperti suatu bahan pokok bagi setiap anak muda. karena kita bisa melihat di pinggir – pinggir jalan bahwasanya banyak anak muda yang menyukai kopi kopi seperti halnya kopi arabika ini.

Untuk penikmat kopi tidak semua hanya kaum anak muda saja dari mulai anak kecil sampai orang tua hingga kakek nenek sekarang ini banyak yang menyukai kopi karena jenis kopi yang banyak sehingga banyak juga peminat atau penyuka kopi di indonesia. peluang tersebut dapat dimanfaatkan oleh pembudidaya pohon kopi arabika tersebut.

Pohon kopi arabika sangatlah mudah untuk membudidayakannya serta dapat ditanam di berbagai daerah di pegunungan maupun di dataran rendah.

Kopi arabika yang memiliki kafein 0,8 – 1,4% ini salah cocok bagi anda yang ingin begadang ataupun mengerjakan pekerjaan jika di sudah larut malam. harga kopi jenis kopi arabika ini sangatlah mahal dikarenakan pohonnya yang sangat langka tetapi penikmatnya yang sangat banyak maka harga dari kopi arabika ini lebih tinggi daripada kopi lainnya. Bibit karet kopi arabika di tempat kami sangatlah unggul dan sudah menghasilkan buah yang berkualitas dan memiliki harga atau nilai jual yang tinggi. Karena kopi arabika yang memiliki harga jual tinggi maka penikmatnya biasanya hanya orang-orang yang tertentu.

Kopi arabika ini juga sangat cocok ditanam di lahan tanah gembur mengandung banyak unsur hara organik serta memiliki tingkat keasaman ph tanah berkisar 5,0 sampai 7,0 jenis tanah di indonesia yang memiliki iklim tropis. dalam satu tahun kopi arabika biasanya mengalami 3 kali panen yakni setiap 4 – 5 bulan sekali sehingga para petani kopi sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan intensif selama bertanam sehingga proses panen. umumnya kopi arabika akan berbunga di akhir musim penghujan namun gagal panen kopi arabika banyak disebabkan karena faktor iklim cuaca yang ekstrim apabila bunga kopi arabika banyak yang tertimpa air hujan secara terus-menerus.

Kopi arabika pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli botani tumbuhan yaitu pada tahun 1753. jenis varietas kopi arabika terbaik ini dari jenis kopi deepika dan bourbon dengan strain yang banyak dikembangkan di berbagai belahan dunia.

Di indonesia kopi arabika bisa ditemukan di jambi ditanam di dataran rendah bertahan tanah gambut. seperti sudah di singgung di awal ada banyak nama sinonim untuk nama latin kopi arabika. tanaman kopi arabika cocok dikembangkan pada ketinggian lahan mulai dari 0 sampai 750 meter diatas permukaan laut. idealnya di daerah iklim tropis dengan curah hujan sedang.

Tanaman kopi arabika merupakan tanaman terbaik saat ini yang paling banyak digemari pecinta kopi di seluruh dunia. banyak jenis kopi yang saat ini berjalan namun tidak semua kopi arabika mampu memberikan kenikmatan tersendiri bagi pencintanya. jenis tanaman kopi arabika paling mudah untuk dibudidayakan baik di pekarangan rumah perkebunan bahkan dalam pot sekalipun sebab tanaman ini tidak membutuhkan beberapa lahan yang dirasa cukup menyelesaikan para petani maka dari itu untuk zaman sekarang ini banyak petani beralih untuk membudidayakan jenis kopi arabika ini.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.