Berbagai Alasan Bayi Perlu Dirawat Di Ruang NICU

Berbagai Alasan Bayi Perlu Dirawat Di Ruang NICU

Ruangan NICU atau neonatal intensive care unit yaitu ruangan perawatan intensif dirumah sakit yang disiapkan spesial untuk bayi baru lahir yang alami masalah kesehatan. Biasanya bayi dimasukkan ke ruangan NICU pada saat 24 jam pertama sesudah lahir grosir herbal

Lama perawatan di ruangan NICU tidak sama, bergantung keadaan tiap-tiap bayi. Makin serius problem kesehatan yang dihadapi, makin lama dia juga akan ada di ruangan NICU. Terdapat beberapa argumen kenapa bayi butuh dirawat di ruangan NICU, tetapi pada intinya mempunyai tujuan supaya Si Kecil memperoleh pengawasan serta perawatan dengan intensif.

Incubator for newborns and syringe infusion pumps

Argumen Mengapa Bayi Mesti Masuk Ruangan NICU

Sesudah lahir, bayi tidak dapat sekali lagi cuma tergantung pada ibu seperti waktu ada didalam kandungan. Bayi mesti cepat menyesuaikan dengan lingkungan serta mulai memakai organ dalam badannya dengan mandiri. Sayangnya, tidak semuanya bayi dapat menyesuaikan secara cepat serta lahir dalam keadaan yang sehat, hingga membutuhkan pertolongan medis.

Tersebut sebagian argumen mengapa bayi baru lahir mesti masuk ke ruangan NICU, diantaranya :

Bayi lahir prematur, yakni sebelumnya masuk minggu ke-37.

Bayi alami problem waktu persalinan berjalan.

Bayi tunjukkan sinyal tanda masalah kesehatan waktu dilahirkan.

Bayi lahir dengan berat tubuh rendah, yakni kurang dari 2500 gr atau diatas 4000 gr.

Terkecuali sebagian penyebabnya diatas, terdapat banyak aspek beda yang dapat tingkatkan resiko bayi masuk ke ruangan NICU sesudah lahir, yakni :

Aspek ibu

Ibu seringkali memakai obat-obatan terlarang atau konsumsi alkohol, mempunyai kisah menanggung derita penyakit diabetes, hipertensi, atau penyakit menyebar seksual, berumur kurang dari 16 th. atau diatas 40 th., mempunyai keunggulan atau kekurangan cairan ketuban, cairan ketuban pecah lebih cepat, alami perdarahan, atau bayi lahir kembar.

Aspek bayi

Bayi alami cacat lahir, masalah pernafasan, kejang, hipoglikemia, memerlukan supply oksigen, infus, obat-obatan, atau transfusi darah, bayi alami infeksi seperti herpes, B streptococcus, serta klamidia.

Aspek persalinan

Bayi lahir sungsang, kritis janin (alami kekurangan oksigen), masalah pembuangan mekonium (bayi buang kotoran pertamanya didalam cairan ketuban), atau leher bayi terlilit tali pusar.

Keadaan di Dalam Ruangan NICU

Ruangan NICU yaitu ruang steril yg tidak dapat dimasuki oleh sembarang orang. Tiap-tiap rumah sakit mempunyai kebijakan yang berlainan tentang jumlah serta jam kunjungan orangtua ke ruangan NICU. Tetapi, semuanya rumah sakit tentu sediakan sabun atau hand sanitizer untuk meyakinkan kalau tamu yang bertandang dalam keadaan steril.

Biasanya, keadaan ruangan NICU begitu tenang karna bayi-bayi di dalamnya begitu peka pada nada serta sinar. Beberapa bayi yang di ruangan NICU umumnya ada didalam inkubator untuk melindungi supaya suhu badannya tetaplah stabil.

Ruangan NICU diperlengkapi dengan sebagian piranti medis untuk buat bayi terasa nyaman, salah satunya :

Penghangat bayi

Alat ini berperan untuk melindungi suhu badan bayi supaya tetaplah stabil. Alat ini umumnya melekat ditempat tidur.

Inkubator NICU

Inkubator ini mirip tempat tidur kecil yang tertutup oleh plastik keras. Alat ini diperlengkapi dengan penghangat untuk melindungi temperatur badan bayi.

Selang makanan|

Alat ini dimasukkan kedalam perut bayi lewat mulut atau hidung untuk menyalurkan makanan, ASI, serta nutrisi beda yang diperlukan bayi.

Fototerapi

Alat ini dipakai untuk turunkan tingkat bilirubin yang sangat tinggi, jadi penyebabnya bayi kuning. Umumnya keadaan ini berlangsung pada bayi yang lahir prematur.

Ventilator

Alat ini berperan untuk menolong pernafasan bayi. Alat ini dikaitkan dengan bayi dengan memakai selang tidak tebal yang dimasukkan ke hidung atau mulut.

Monitor

Semua bayi yang ada di ruangan NICU tersambung dengan monitor untuk memonitor keadaannya. Sinyal tanda medis juga akan keluar lewat monitor ini.

Dokter serta Staf Medis di Ruangan NICU

Beberapa piranti medis yang ada di ruangan NICU cuma dipakai sesuai sama keperluan tiap-tiap bayi. Piranti medis itu dioperasikan oleh beberapa petugas yang bertanggungjawab di ruangan NICU. Beberapa petugas itu mencakup :

Dokter anak pakar neonatologi yang mempunyai ketrampilan mengatasi bayi yang baru lahir.

Perawat spesial yang bertugas mengikuti serta memonitor keadaan bayi.

Staf penambahan, umpamanya radiografer untuk menjalankan alat ekokardiogram atau photo Rontgen, petugas lab, ataupun fisioterapis.

Dokter dengan spesialisasi berkaitan untuk menolong perawatan sesuai sama keperluan bayi di NICU.

Kehadiran ruangan NICU begitu perlu untuk menolong bayi baru lahir yang alami masalah kesehatan. Aksi yang dikerjakan oleh dokter serta perawat yang bertugas didalam ruangan NICU begitu merubah keberlangsungan hidup bayi-bayi di dalamnya.

Bila bayi Anda sangat terpaksa masuk kedalam ruangan NICU, yakinkan Anda memperoleh info sebanyak-banyaknya dari dokter serta perawat. Termasuk juga info tentang prosedur yang dikerjakan dan perawatan untuk buah hati Anda.

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.