Hamil 9 Bulan: Bayi Anda Lahir Ke Dunia

Hamil 9 Bulan: Bayi Anda Lahir Ke Dunia

Pada hamil 9 bln., janin Anda mempunyai ukuran seperti semangka kecil, paru-parunya juga sudah berkembang dengan prima. Bayi Anda telah siap untuk dilahirkan pada umur kehamilan ini. Tetapi, cuma sekitaran 5 % bayi yang lahir pas pada tanggal yang diprediksikan. Jadi Anda baiknya tetaplah tenang bila bayi tidak kunjung lahir atau lahir lebih cepat dari tanggal perkiraan baca juga 

Pada saat hamil 9 bln. ini, perubahan bayi sudah prima. Anda butuh menyiapkan diri serta bersiaga supaya bisa selekasnya ke rumah sakit untuk bersalin bila kontraksi merasa semakin kuat serta teratur.

Bagaimana Perkembangan Janin?

Pada minggu ke-37, berat tubuh bayi Anda jadi sekitaran 2, 8 kg dengan panjang 48 cm. Persalinan pada saat hamil 9 bln. ini dipandang sudah cukup bln. karna perubahan bayi sudah prima.

Tersebut disini perubahan Si Kecil di perut Anda, yakni :

Hamil minggu 37

Bila ini yaitu kehamilan pertama Anda, jadi pada umur ini biasanya kepala bayi ada di rongga panggul serta disangga oleh tulang panggul. Tetapi bila ini yaitu kehamilan ke-2 dan sebagainya, jadi peluang kepala bayi belum juga turun hingga tiba saatnya untuk melahirkan.

Umumnya kepala bayi pada umur ini telah penuh dengan rambut selama lebih kurang 2, 5 cm. Tetapi ada pula yg tidak mempunyai rambut sedikitpun.

Beberapa besar lanugo atau rambut halus yang menyelubungi bayi sudah hilang, ditelan serta disimpan bayi dalam ususnya. Nanti bahan ini juga akan di keluarkan lewat kotoran pertamanya yang dimaksud mekonium.

Hamil minggu 38

Berat tubuh bayi selalu jadi bertambah untuk mengatur suhu badannya sesudah lahir kelak.

Semua organ badannya sudah prima serta ada ditempat yang semestinya.

Hamil minggu 39

Bayi Anda bisa lahir setiap saat di minggu ini dengan perkiraan berat tubuh sekitaran 3, 3 kg dengan panjang tubuh sekitaran 50 cm.

Susunan vernix caseosa yang membuat perlindungan kulit bayi sudah meluruh hingga buat cairan ketuban yang semula jernih jadi keruh.

Susunan kulit luarnya terkelupas, saat membuat kulit baru di susunan bawahnya.

Paru-parunya hasilkan semakin banyak surfaktan, yaitu zat yang buat kantung udara mungilnya terbuka serta siap untuk menarik napas pertama waktu ia dilahirkan.

Hamil minggu 40

Pada minggu ini, beberapa besar janin sudah lahir. Tetapi bila belum juga, tidak jadi masalah sepanjang tak ada masalah pada kandungan Anda.

Janin Anda sudah kuasai semuanya kekuatan yang dia perlukan untuk bertahan hidup diluar rahim ibu. Dia seringkali menghisap jempolnya, sama dengan nanti dia juga akan mencari puting susu ibu untuk menyusu.

Apa Saja Perubahan yang Berlangsung pada Badan Ibu?

Pada trimester paling akhir ini, berat tubuh Anda mungkin saja cuma sedikit jadi bertambah. Cairan ketuban juga akan semakin menyusut mulai sejak kehamilan minggu ke-37. Kontraksi palsu mungkin saja akan semakin seringkali merasa. Badan juga akan menyiapkan persalinan dengan leher rahim yang mulai merenggang dengan melepas lendir. Sepanjang kehamilan, lendir ini menutupi jalan lahir untuk menghindar bakteri masuk. Keluarnya lendir ini jadi tandanya kalau persalinan juga akan berlangsung kurun waktu dekat.

Minggu ke-37 yaitu masa paling akhir kelas senam kehamilan Anda serta minggu paling akhir persiapan persalinan. Janganlah lupa untuk mempersiapkan semua kepentingan persalinan. Waktu pulang dari rumah sakit, yakinkan rumah Anda sudah siap untuk menyongsong hadirnya bayi.

Apa Saja yang Butuh Dibawa?

Wajarnya, dalam waktu dua jam, Anda juga akan rasakan minimum dua pergerakan bayi. Bila Anda tidak rasakan pergerakan itu dalam dua jam, tunggulah sampai sebagian lama. Saat masih tetap tak ada gerakan yang merasa, selekasnya periksakan diri ke dokter.

Biasanya, wanita juga akan melahirkan pada umur kehamilan diantara 38-42 minggu. Tetapi pada saat kehamilan 41 minggu, dokter umumnya juga akan mengambil keputusan apakah butuh dikerjakan aksi beda atau masih tetap menanti.

Anggota badan yang membengkak yaitu keadaan yang umum pada saat kehamilan. Tetapi bila Anda rasakan pembengkakan yang terlalu berlebih pada tangan, muka, atau kaki, Anda pantas siaga serta memperiksakan-diri ke dokter. Ini bisa jadi tandanya keadaan pregnancy induced hypertension (PIH) atau preeklampsia.

Diluar itu, keadaan beda yang pantas diwaspadai yaitu diabetes gestasional, anemia, serta intrauterine growth restriction (IUGR) atau perkembangan janin yang terhalang. Semuanya bisa diawasi keberadaannya dengan memperiksakan-diri ke dokter kandungan dengan teratur sepanjang hamil.

Apa Saja yang Butuh Di perhatikan?

Pada umur kehamilan 39 minggu, Anda mungkin saja juga akan terasa resah menantikan bayi yang juga akan selekasnya lahir. Anda serta pasangan juga mungkin sudah mendengar banyak nasehat serta persiapan persalinan. Hal yang dibutuhkan yaitu tetaplah tenang serta berfikir positif. Komunikasikan segalanya pada teman dekat, pasangan, dan keluarga.

Sebelumnya melakukan sistem persalinan, sebaiknya Anda mengetahui tiga tahapannya.

Step pertama : diawali saat leher rahim sudah terbuka sampai seukuran 10 cm dengan sinyal kontraksi setiap 5 menit sekali. Pada step ini baiknya Anda selekasnya menuju ke rumah sakit.

Step ke-2 : leher rahim sudah terbuka 10 cm sampai bayi Anda lahir.

Step ke-3 : keluarnya plasenta dari jalan lahir. Step ini dapat menelan saat 5 sampai 30 menit.

Dalam sistem persalinan, waktu Anda mengejan, kepala bayi juga akan tampak pada jalan lahir, dimaksud crowning. Pada sekarang ini, Anda juga akan rasakan nyeri serta sensasi seperti tersengat di ruang vagina, karna lubang vagina yang merenggang serta terbuka lebar. Pada tempat ini, berhentilah mengejan! Selalu mengejan bisa buat lubang vagina robek hingga memerlukan episiotomi.

Rasa nyeri ini cuma juga akan berjalan sepanjang sebagian detik yang lalu juga akan dibarengi rasa kebas. Hal semacam ini dikarenakan peregangan susunan vagina buat saraf jadi terhalang serta jadi pereda nyeri alami.

Walau semuanya telah diantisipasi, Anda tetaplah butuh bersiap untuk sebagian keadaan yang barangkali berlangsung waktu persalinan, diantaranya :

Induksi : aksi yang dikerjakan supaya sistem persalinan diawali. Umumnya induksi diberi pada keadaan spesifik, seperti bayi yang mempunyai masalah kesehatan atau bila ketuban sudah pecah lebih dahulu.

Persalinan dengan pantat bayi dibawah (breech birth) : persalinan dengan tingkat kesusahan tinggi dimana pantat bayi keluar lebih dahulu.

Operasi Caesar : operasi untuk keluarkan bayi Anda dengan sayatan di bagian bawah perut.

Demikian beberapa pertanyaan yang menginginkan diserahkan pada saat hamil 9 bln. ini, salah nya ialah, “Kapan saya mesti pergi ke rumah sakit bersalin? ” Ini yaitu pertanyaan yang paling umum terlintas dipikiran ibu yang telah hamil tua, terlebih bila ini yaitu kehamilan pertama. Di bawah ini banyak hal yang bisa jadi patokan untuk ibu.

Apabila ketuban telah pecah, Anda mesti selekasnya pergi ke rumah sakit.

Bila ini yaitu kehamilan pertama serta Anda sudah alami kontraksi, tapi belum juga sangat kuat serta ketuban belum juga pecah, Anda mungkin saja bisa menanti.

Selekasnya ke rumah sakit bila kontraksi merasa kuat, berjalan terus-terusan sepanjang 45 detik sampai 1 menit, serta berlangsung paling tidak lima menit sekali.

Bila rumah Anda berada agak jauh dari rumah sakit, jadi baiknya Anda telah pergi saat kontraksi mulai merasa. Demikian halnya bila janin yang dikandung yaitu anak ke-2 yang biasanya akhirnya lebih cepat dari pada anak pertama. Bila persalinan dikerjakan dirumah, selekasnya hubungi dokter atau bidan yang juga akan menolong sistem persalinan bila kontraksi sudah merasa kuat.

Biasanya, bayi juga akan lahir pada umur kehamilan sekitaran 40 minggu. Bila pada umur 41 minggu bayi belum lahir, jadi dokter mungkin saja juga akan lakukan kontrol serta stimulasi leher rahim untuk menghasilkan hormon yang bisa menyebabkan persalinan normal. Bila bayi tidak kunjung lahir pada umur kehamilan 42 minggu, dokter juga akan merekomendasikan induksi atau langkah operasi Caesar karna resiko bayi wafat didalam kandungan sudah bertambah.

Hamil 9 bln. yaitu saat dimana Anda serta pasangan mesti siaga juga akan kelahiran buah hati. Bagaimanapun sistem kehamilan Anda serta apapun jalan yang ditempuh bayi untuk lahir ke dunia, satu hal yang terutama yaitu kesehatan serta keselamatan ibu serta bayi dan perjalanan sesudahnya dalam mengasuh serta membesarkan Si Kecil.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.