Harga Bibit Durian Musangking Termurah dan Terjamin

Kami selaku supplier bibit durian musangking menawarkan kepada Anda harga bibit durian musangking yang terjangkau. Durian merupakan tanaman buah yang berasal dari Asia Tenggara yang beriklim tropis. Nama “durian” diambil dari bentuk kulit buahnya yang sangat keras dan berlekuk – lekuk mirip duri. Buah ini juga mendapat julukan Raja Buah ( King of Fruits ). Namun meskipun mendapat julukan sebagai raja buah, ternyata durian memiliki banyak sekali “haters” dikarenakan aroma buahnya yang sangat menyengat.

Soal hama dan penyakit yang menyerang pohon durian

Gejala buah durian yang sudah terserang hama dan penyakit adalah jatuh dari pohonnya sebelum buah itu matang. Untuk mencegah hama dan penyakit menyerang pohon durian biasanya dilakukan pengasapan bawah pohon pada sore hari (mengusir hama imago).

Panen buah durian

Pohon durian sudah siap dipanen apabila buah yang dihasilkan menunjukkan ciri – ciri sebagai berikut :

  • Ujung duri dari buah durian yang dihasilkan berwarna coklat kehitaman.
  • Warna garin antara duri dari buah durian terlihat kontras dan jelas.
  • Berbau khas aroma durian.
  • Apabila buah durian ini dipukul – pukul mengeluarkan bunyi gema

Selain harga bibit durian musangking kami murah, kami juga berani menjamin bibit kami kondisinya aman sampai ke tangan pembeli.

Tahap persiapan lahan dan pembuatan lubang tanam untuk bibit pohon durian musangking

Pertama – tama adalah lakukan pembersihan gulma – gulma yang tumbuh liar di lahan tersebut. Jika sudah bersih , buatlah lubang – lubang tanam untuk bibit pohon durian montong. Lakukan juga pengukuran untuk jarak tanam nya agar nantinya pohon durian montong tidak saling berdempetan dan beradu. Jarak antara lubang tanam ini kira – kira mencapai 2,5 m. Tanah galian dari lubang tanam tadi kumpulkan dan campurkan dengan pupuk organik (pupuk kandang dan pupuk kompos) campuran ini nanti akan digunakan sebagai tanah timbun. Pastikan juga tidak ada penghalang (pohon peneduh) yang menghalangi sinar matahari menuju ke lahan. Karena bibit pohon durian musangking ini nantinya sangat membutuhkan sinar matahari. Lubang tanam yang kita buat tadi pastikan berukuran 50 x 50 x 50 cm atau 100 x 100 x 100 cm. Jika sudah selesai , biarkan lubang tanam tersebut selama 3 hari sebelum proses penanaman dimulai. Pembiaran ini bertujuan untuk membunuh hama dan penyakit yang ada di dalam tanah.

Proses penanaman bibit durian

Ukuran lubang tanam yang dibutuhkan untuk bibit durian ini berukuran sekitar 80 x 80 x 70 cm namun bisa juga 70 x 70 x 60 cm. Ukuran lubang tanam untuk bibit durian ini disesuaikan dengan kondisi tanahnya. Lubang tanam ini nantinya akan dibiarkan selama 2 – 3 minggu. Jangan lupa lubang tanam tersebut ditutup dengan tanah galian pertama dan tanah galian tersebut campurkan dengan pupuk kandang organik sebanyak 30 kg/lubang.

Penanaman bibit durian ini dilakukan pada sore hari agar tidak terkena langsung paparan sinar matahari. Proses penanaman bibit ini biasanya dilakukan pada musim hujan. Bibit durian ini ditanam sekitar 5 cm diatas pangkal batang penyangga, kemudian bibit durian tersebut ikatkan pada batang penyangga yang lurus agar nantinya pohon durian ini dapat tumbuh tegak. Bibit pohon durian yang baru ditanam ini harus diberi semacam naungan untuk melindungi dari aliran hujan yang deras dan sengatan sinar matahari yang berlebihan. Naungan ini nantinya akan dibongkar apabila bibit durian ini sudah berumur 3 – 5 bulanan. Tanah di sekitar bibit durian ini dianjurkan ditutupi oleh tumpukan rumput atau jerami sehingga kelembaban tanah tetap stabil.

Harga bibit durian musangking kami membuat Anda tertarik ? Langsung saja pesan di website kami.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.