Harga Bibit Durian Sunan Termurah

Kembali lagi bersama admin. Pada sesi kali ini admin akan membahas tentang bibit durian sunan. Kalau Anda minat dengan bibit durian sunan, Anda bisa mendapatkan harga bibit durian sunan yang terjangkau di website kami.

Berikut ini merupakan cara – cara yang baik dan tepat apabila ingin membudidayakan pohon durian sunan :

  • Pemilihan bibit durian sunan
  1. Bibit durian sunan hasil generatif (alami), hendaknya memilih bakal biji durian sunan yang matang di pohon dan jangan mengambil biji dari durian sunan yang matang terpisah dari pohonnya. Hal ini dapat mempengaruhi bakal pohon durian sunan nantinya. Pilih biji yang mempunyai bentuk yang bulat besar.
  2. Bibit durian sunan hasil vegetatif (buatan), Bibit durian sunan yang diambil secara vegetatif ini kebanyakan hasil dari proses okulasi. Bibit durian sunan vegetatif ini banyak dijual di toko – toko bibit tanaman.

Bila Anda kesulitan mencari bibit durian sunan ini , Anda bisa kunjungi website utama kami. Anda bisa mendapatkan harga bibit durian sunan yang ramah dompet disana.

  • Persiapan lahan untuk penanaman bibit durian sunan

Lahan yang akan untuk digunakan penanaman bibit durian sunan ini sebaiknya dilakukan pembersihan terlebih dahulu dari rerumputan, sisa – sisa pohon tebangan, maupun gulma – gulma. Di sekitar daerah lahan juga harus dipersiapkan aliran drainase yang terstruktur agar tidak ada peristiwa tergenangnya air di daerah lahan. Kegiatan persiapan lahan ini lebih baik dilaksanakan sebelum musim penghujan datang.

  • Proses penanaman bibit durian sunan

Ukuran lubang tanam yang dibutuhkan untuk bibit durian sunan ini berukuran sekitar 80 x 80 x 70 cm namun bisa juga 70 x 70 x 60 cm. Ukuran lubang tanam untuk bibit durian sunan ini disesuaikan dengan kondisi tanahnya. Lubang tanam ini nantinya akan dibiarkan selama 2 – 3 minggu. Jangan lupa lubang tanam tersebut ditutup dengan tanah galian pertama dan tanah galian tersebut campurkan dengan pupuk kandang organik sebanyak 30 kg/lubang.

Penanaman bibit durian sunan ini dilakukan pada sore hari agar tidak terkena langsung paparan sinar matahari. Proses penanaman bibit ini biasanya dilakukan pada musim hujan. Bibit durian sunan ini ditanam sekitar 5 cm diatas pangkal batang penyangga, kemudian bibit durian sunan tersebut ikatkan pada batang penyangga yang lurus agar nantinya pohon durian sunan ini dapat tumbuh tegak. Bibit pohon durian sunan yang baru ditanam ini harus diberi semacam naungan untuk melindungi dari aliran hujan yang deras dan sengatan sinar matahari yang berlebihan. Naungan ini nantinya akan dibongkar apabila bibit durian sunan ini sudah berumur 3 – 5 bulanan. Tanah di sekitar bibit durian ini dianjurkan ditutupi oleh tumpukan rumput atau jerami sehingga kelembaban tanah tetap stabil.

Durian sunan ini merupakan durian asli yang berasal dari daerah Boyolali. Durian sunan ini sering disebut juga sebagai durian gendol. Durian sunan ini sangat mudah untuk dibelah, memiliki berat sekitar 1,5 – 2,5 kg per buah nya. Daging buah dari durian sunan ini bersifat kering, berlemak , namun tebal. Tekstur daging buahnya sangat lembut dan mengeluarkan aroma yang khas. Pohon durian sunan dapat tumbuh di daerah yang mencapai ketinggian 400 – 600 mdpl. Pohon durian sunan dapat menghasilkan buah sampai 200 – 800 buah per pohon setiap tahunnya. Durian sunan ini terbilang tahan akan penyakit busuk dan hama penggerek.

Harga bibit durian sunan yang beredar di pasaran memang terlihat murah namun sering ada kasus penipuan mulai dari kualitas tanaman nya yang sudah terinfeksi bakteri dan lain – lain. Oleh karena itu diperlukan sikap hati – hati dalam memilih bibit durian sunan.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.