Jual Bibit Durian Sunan

Halo para pecinta bibit tanaman berjumpa lagi dengan admin. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang bibit durian sunan. Durian sunan ini merupakan durian asli yang berasal dari daerah Boyolali. Durian sunan ini sering disebut juga sebagai durian gendol. Durian sunan ini sangat mudah untuk dibelah, memiliki berat sekitar 1,5 – 2,5 kg per buah nya. Daging buah dari durian sunan ini bersifat kering, berlemak , namun tebal. Tekstur daging buahnya sangat lembut dan mengeluarkan aroma yang khas. Pohon durian sunan dapat tumbuh di daerah yang mencapai ketinggian 400 – 600 mdpl. Pohon durian sunan dapat menghasilkan buah sampai 200 – 800 buah per pohon setiap tahunnya. Durian sunan ini terbilang tahan akan penyakit busuk dan hama penggerek. Pada zaman dahulu durian sunan ini hanya dikonsumsi oleh kaum bangsawan saja namun seiring majunya zaman durian sunan ini dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Pada saat ini penggemar durian sunan mulai mengalami peningkatan sehingga akan sangat menguntungkan bila mengadakan budidaya pohon durian sunan ini.

Sebenarnya ukuran buah durian sunan ini terbilang sangat kecil. Namun dengan ukuran yang kecil ini daging buah durian sunan ternyata tebal. Hal ini juga merupakan keunggulan tersendiri bagi durian sunan. Durian sunan ternyata memiliki turunan yang sekarang ini dalam pengembangan namanya adalah durian sunan turunan. Durian sunan turunan ini sebenarnya hampir sama dengan durian sunan namun yang membedakan hanya tempat tumbuh pohonnya saja. Daging buah durian sunan turunan ini berwarna keputihan, berukuran besar, dan memiliki bau yang sangat tajam. Rasanya cukup manis, gurih, lembut di mulut , dan kesat. Harga durian sunan turunan ini juga terbilang cukup murah dan banyak dijual di kota Banyumas. Namun durian sunan ini masih sedikit peminatnya dan kalah jauh dibandingkan dengan durian petruk yang sama – sama berasal dari Jawa Tengah. Buah durian sunan ini sering dijadikan sebagai buah segar (langsung makan) ataupun diolah sebagai jus, campuran es buah, bahkan kolak. Ada juga yang memanfaatkannya untuk dijadikan bahan dasar pembuatan dodol.

Lahan yang akan untuk digunakan penanaman bibit durian sunan. ini sebaiknya dilakukan pembersihan terlebih dahulu dari rerumputan, sisa – sisa pohon tebangan, maupun gulma – gulma. Di sekitar daerah lahan juga harus dipersiapkan aliran drainase yang terstruktur agar tidak ada peristiwa tergenangnya air di daerah lahan. Kegiatan persiapan lahan ini lebih baik dilaksanakan sebelum musim penghujan datang.

Penanaman bibit durian sunan ini dilakukan pada sore hari agar tidak terkena langsung paparan sinar matahari. Proses penanaman bibit ini biasanya dilakukan pada musim hujan. Bibit durian sunan inI ditanam sekitar 5 cm diatas pangkal batang penyangga, kemudian bibit durian sunan tersebut ikatkan pada batang penyangga yang lurus agar nantinya pohon durian sunan ini dapat tumbuh tegak. Bibit pohon durian sunan yang baru ditanam ini harus diberi semacam naungan untuk melindungi dari aliran hujan yang deras dan sengatan sinar matahari yang berlebihan. Naungan ini nantinya akan dibongkar apabila bibit durian sunan ini sudah berumur 3 – 5 bulanan. Tanah di sekitar bibit durian ini dianjurkan ditutupi oleh tumpukan rumput atau jerami sehingga kelembaban tanah tetap stabil. Untuk info lebih lanjut tentang bibit durian sunan ini Anda bisa mengunjungi website kami.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.