Mengapa Di Dapur Harus Ada Lubang Udara?

Dapur merupakan area rumah yang sering kali memiliki suhu udara cukup tinggi. Hal ini karena aktivitas memasak yang biasa dilakukan di dapur. Hal ini tentu dapat memberi efek tak nyaman jika di dapur tidak ada jalur ventilasi dan sirkulasi udara yang baik. Oleh karena itu lubang udara menjadi salah satu poin paling penting yang harus ada didapur.

mengapa di dapur harus ada lubang udara
Sumber: http://desainrumahterbaru.me/

Apalagi selain dapat membuat terasa tak nyaman, suhu panas, uap minyak, uap air juga dapat memberi efek buruk pada perabotan rumah. Sehingga jika dibiarkan terus-terusan, warna dinding dapur di rumah juga bisa lebih cepat rusak. Mengingat hal itu, membuat lubang di dapur menjadi semakin penting bukan?

Sehingga karena pentingnya keberadaan lubang ventilasi, maka ada baiknya lubang ventilasi di dapur, bukan hanya sekedar ada, namun juga harus diperhatikan ukuran dan posisinya. Pasalnya akan cukup disayangkan jika lubang yang ada tersebut tidak dapat memberi efek maksimal yang baik pada suhu dan sirkulasi udara di dapur.

Ada baiknya, lubang sirkulasi tersebut dibuat sebesar dan senyaman mungkin di dalam dapur rumah. Dengan lubang sirkulasi yang menghadap ke arah luar rumah, dapat membuat udara dan suhu di dalam dapur menjadi lebih baik. Sehingga ada baiknya, jika dapur di rumah diletakkan pada area di mana lebih mudah memasang jendela besar yang menghadap keluar.

Jika memungkinkan, posisikan jendela besar tersebut di area dinding dekat kompor atau area mencuci. Hal ini selain untuk menjaga suhu dapur agar tidak tinggi, juga dapat mengurangi kelembapan di dalam dapur. Tidak harus langsung menghadap ke jalan raya, jendela tersebut bisa saja dibuat menghadap ke arah taman atau halaman rumah. Dengan jendela menghadap ke arah taman, juga dapat membuat aktivitas memasak menjadi lebih menyenangkan dan segar.

Jangan lupa baca juga: Model Dapur Minimalis Terbaru

Namun jika pemasangan jendela besar di dapur rumah cukup menyusahkan karena area yang tidak memungkinkan, maka Anda bisa mencoba memasang lubang ventilasi-ventilasi kecil di atas pintu dapur. Meski tak dapat berefek maksimal seperti dinding besar, namun ventilasi-ventilasi ini akan cukup membantu udara dan suhu di dapur menjadi lebih baik.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.