Replanting, Langkah untuk Membenahi Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia

Replanting, Langkah untuk Membenahi Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia

Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dijagokan pemerintah dapat mengatur produktivitas kelapa sawit rakyat. Bambang Wahyu Dwiantoro, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, mengatakan kalau memerlukan terobosan dalam tingkatkan produktivitas kelapa sawit serta kesejahteraan petani lewat program replanting.

Pada 2018, pemerintah membidik program PSR bisa mencapai perkebunan sawit rakyat seluas 185 ribu hektare. Namun, untuk melakukan penanaman ulang kelapa sawit dengan benih bersertifikat butuh support semuanya pihak. “Melaksanakan program replanting tidak semudah membalikkan tangan hingga jadi tanggung jawab semuanya, ” tutur Bambang dalam Seminar Strategi Berhasil Replanting serta Tingkatkan Produktivitas Kelapa Sawit Dengan Berkepanjangan, di Jakarta.

Menurut Bambang, program replanting melibatkan semuanya pihak salah satunya Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai penanggung jawab yang keluarkan izin, perusahaan sebagai konsumen hasil petani, serta produsen benih sebagai penyedia bibit untuk petani.

Seperti di ketahui, produktivitas tandan buah fresh (TBS) perkebunan yang dikerjakan petani cuma sekitaran 10–12 ton/hektar/th.. Walau sebenarnya potensinya bisa menjangkau 30 ton/hektar/th.. “Artinya dengan tingkatkan produktivitas perkebunan petani sama juga dengan tingkatkan kesejahteraan petani, ” kata Bambang.

Bukan sekedar itu, Bambang juga lihat tata kelola perkebunan kelapa sawit banyak yang perlu dibenahi. “Untuk itu, saya ingatkan pada perusahaan serta pemerintah daerah, mari tata kelola perkebunan dengan patuh azas dengan baik dan bantu petani-petani di sekelilingnya. Lewat dari sebagian ketentuan yang telah digariskan dari mulai undang-undang, Permentan serta beragam ketentuan yang mengatur perkelapasawitan untuk ditaati, ” pintanya.

Dengan mengatur perkebunan petani jadi otomatis melakukan perbaikan perkebunan kelapa sawit. Banyak peran petani pada komoditas kelapa sawit. Karenanya, butuh usaha dari pemerintah supaya petani yang sudah berperan melindungi komoditas favorit, kelapa sawit bisa menjangkau kesejahteraannya. Satu diantara usaha dari pemerintah yakni lewat program replanting yang telah jalan mulai sejak th. kemarin.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.