Rutin Konsumsi Obat Diabetes Alami Agar Penderita Diabetes Bisa Tetap Puasa

Sebetulnya, penderita diabetes disarankan untuk tidak menjalankan puasa sebab mungkin akan menambah parah penyakitnya. Walau demikian, Anda tetap dapat menjalankannya. Dengan catatan Anda harus dapat menjaga pola makan saat sahur dan berbuka puasa.

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh gula darah. Hal itu dapat terjadi lantaran glukosa (gula sederhana) di dalam darah terlampau tinggi, akibatnya tubuh tidak bisa mempergunakan insulin secara benar.

Dalam proses kerjanya, makanan condong menyebabkan glukosa darah naik dan akan memicu pankreas untuk menghasilkan insulin. Insulin aktif memproduksi gula ke dalam sel guna dirubah menjadi cadangan energi atau sebagai energi. Tetapi, bila terlampau banyak glukosa di dalam darah sukar untuk menjadikan insulin bekerja secara baik.

Hal ini bisa terjadi umumnya pada orang orang yang berusia lebih dari 30 tahun ataupun lebih tua lagi. Dengan minimnya kegiatan yang membuang energi bisa menjadi pemantik timbulnya penyakit diabetes melitus. Adapun kadar gula darah memiliki batasan wajarnya ialah antara 70 hingga 110 mg/liter.

Risiko paling besar bagi penderita diabetes yang menjalani puasa ialah terjadinya fluktuasi gula darah secara tajam. Tetapi hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan tinggi serat. Manfaat buah-buahan dan sayuran tinggi serat juga bisa mencegah kerusakan sel di dalam tubuh lantaran proses oksidasi dari metabolisme tubuh dan populasi.

Serat yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan memiliki manfaat untuk membantu menyehatkan saluran cerna, menjaga kadar lemak dan kadar gula darah,  serta membantu membuat rasa kenyang untuk yang sedang menjalani diet.

Selain dengan buah-buahan dan sayuran, penyakit kencing manis ini juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat diabetes alami yang terbuat dari ramuan herbal pilihan berkhasiat tinggi seperti mengkudu.

Sejumlah masalah utama sekitar risiko penderita diabetes yang menjalani puasa diantaranya mengalami kenaikan atau penurunan kadar gula darah yang sangat tajam. Dehidrasi merupakan salah satu efek dari keadaan itu. Untuk mencegah timbulnya komplikasi, penderita diabetes disarankan untuk memeriksa kadar gula darah setiap bangun dari tidurnya. Jika kadar gula darah naik atau turunnya secara drastis, maka sebaiknya dibatalkan saja puasanya. Untuk mencegah terjadinya fluktuasi kadar gula darah yang drastis, penderita diabetes direkomendasikan untuk mengkonsumsi menu sahur yang rendah gula dan gampang dicerna supaya gula darah tetap stabil. Makanan seperti jus buah rendah gula, havermut dan oatmeal disarankan dikonsumsi ketika sahur ataupun berbuka puasa.

Diabetes memang tak dapat diobati secara total namun tidak berarti menghambat niat Anda untuk menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan ini. Dengan memelihara pola makan, teratur berolahraga ringan dan rutin meminum obat herbal diabetes  maka diabetes dapat dikontrol dan Anda dapat menjalani puasa Ramadan dengan aman dan nyaman.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.