Spesifikasi dan Keunggulan Genset Silent

Genset memang identik dengan suaranya yang berisik dan mengganggu bila dioperasikan. Tetapi semakin majunya teknologi, tersedia pula genset silent atau genset yang tidak berisik. Perbedaannya dengan genset biasa yaitu terletak pada penutup atau pembungkus mesinnya. Mesin dibungkus dengan beberapa lapisan besi dan bahan busa soundfroofing.

Kelebihan dan Keunggulan Genset Silent

Umumnya genset tipe silent ini memang memiliki harga yang lebih mahal dibanding genset biasa. Tetapi dengan harga yang cukup mahal tersebut juga sebanding dengan kelebihan-kelebihan yang didapatkan seperti berikut ini :

  1. Tidak berisik

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa genset silent memiliki berlapis-lapis peredam bapa penutupnya. Sehingga genset ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan genset yang tidak berisik untuk acara-acara atau kegiatan penting yang membutuhkan listrik daya besar.

  1. Tidak mudah terbakar

Genset silent umumnya menggunakan bahan bakar solar. Jenis bahan bakar tersebut cenderung lebih dingin dibandingkan bahan bakar bensin. Sehingga genset akan terhindar dari suhu panas yang bisa merusak mesin atau engine.

  1. Tahan terhadap cuaca

Genset silent sangat populer untuk keperluan acara pernikahan, pertunjukan, dan konser. Oleh karena itu genset ini didesain dengan penutup terluar yang tahan terhadap suhu panas maupun suhu yang dingin hingga lembab atau hujan.

  1. Mudah diperbaiki

Perawatan genset silent cukup dilakukan dalam jangka waktu relatif lama. Biasanya hanya perlu mengganti oli, filter, radiator, dan membersihkan tank solar. Jika terjadi kerusakan, biasanya tidak terlalu fatal dan mudah diperbaiki karena prosedurnya tidak terlalu rumit. Jika kerusakan agak parah, banyak jasa yang menawarkan untuk perbaikan genset silent ini.

  1. Biaya operasional atau penggunaan yang minim

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa umumnya genset silent menggunakan bahan bakar solar. Selain lebih aman, penggunaan bahan bakar ini juga efisien atau lebih lama untuk proses pembuangannya. Sehingga meskipun lebih mahal, tetapi lebih lama waktu pengoperasiannya dan jika dihitung pun akan tetap hemat.

  1. Masa pakai yang panjang atau awet

Jika digunakan atau dipanaskan secara rutin minimal satu kali dalam seminggu, masa pakai genset silent ini bisa mencapai 2 tahun tanpa kerusakan apapun. Apalagi jika ditambah perawatan dan pembersihan mesin yang rutin.

Daftar Harga Genset silent

Setelah mengetahui kelebihan dan keunggulan genset silent, mungkin Anda menjadi lebih yakin untuk membelinya. Berikut ini daftar beberapa merk genset silent dan harga serta spesifikasi utamanya.

  • Yamakoyo NEL7500S

Genset ini memiliki daya output maksimal 4000 Watt dengan kapasitas tangki bahan bakar 15 liter. Lama operasional genset untuk 15 liter bahan bakar adalah 7 jam. Harga genset ini berkisar Rp 14.500.000,- di pasaran.

  • General MT6800S

Genset dengan kapasitas tangki bahan bakar 12 liter ini dihargai mulai Rp 11.900.000,- hingga Rp 13.000.000,- di pasaran. Output daya maksimumnya mencapai 4600 Watt.

  • Loncin LC 3500 i

Daya output rata-rata adalah 3000 Watt dan dijual sekitar Rp 13.400.000,- di pasaran. Genset ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar 9 liter dengan lama pengoperasian mencapai 7 jam.

  • Honda EU 10 i

Output maksimal genset ini adalah 1000 Watt. Genset ini dilengkapi dengan tangki solar 2,1 liter dengan lama pengoperasian hingga 7 jam untuk beban seperempat dari beban maksimumnya.

Jadi seperti itulah beberapa informasi mengenai keunggulan serta harga beberapa genset silent yang ada di pasaran. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda dalam hal generator set. Apapun pilihan merk dan spesifikasi genset yang Anda beli, pilihlah secara bijak yang sesuai kebutuhan listrik Anda.

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.