Tips dan Trik dalam Mencuci Karpet

Karpet merupakan keliru satu perlengkapan tempat tinggal tangga yang enteng sekali kotor dikarenakan seringnya diinjak. Dan anehnya, seringkali para ibu tempat tinggal tangga jarang sekali untuk mencucinya. Yang paling kerap dijalankan sekedar menyedot debunya saja secara berkala.

Dalam mencuci karpet, tersedia dua langkah yang bisa dilakukan, yaitu secara manual dan memakai mesin cuci. Cara manual yaitu bersama langkah menyemprot dan menyikatnya memakai tangan. Cara ke-2 yaitu bersama memakai pertolongan mesin cuci. Untuk memilih langkah yang mana yang sebaiknya Anda memilih yaitu bergantung berasal dari bentuk, ukuran luas bidang karpet dan beratnya.Jika anda kesulitan dalam membersihkannya anda bisa memfungsikan Jasa Pembersih Sofa.

Jangan lupa memperhatikan pula kemampuan konstruksi anyaman serat benangnya, khususnya dibagian pinggir karpet (yang kebanyakan berupa jurai-jurai serat benang). Hati-hati jika karpet udah rapuh, baik beberapa bahkan keseluruhannya. Khusus untuk karpet yang rapuh, sebaiknya jangan menyita resiko, langsung beritahukan atau dikembalikan kepada pemiliknya, sebelum dicuci.

Mencuci karpet
Cara Mencuci Karpet Secara Manual :

Langkah pertama yaitu gelar karpet di lantai. Lalu sedot atau hilangkan debu-debu yang tersedia bersama memakai mesin vacuum cleaner. Sebaiknya memakai mesin vacuum cleaner type wet & dry, sehingga bisa digunakan untuk menyedot debu dan sekaligus bisa digunakan juga untuk menyedot air.

Setelah debu-debu berikut hilang, bentangkan karpet bersama langkah digantung di tempat jemuran yang terbuat berasal dari bambu atau pipa besi bersama diberi penyangga yang memadai kuat. Atau boleh juga bersama langkah selamanya digelar di lantai.

Semprot karpet bersama air dingin. Akan lebih baik jika memakai alat penyemprot yang punyai tekanan, layaknya yang biasa dipakai untuk mencuci mobil atau motor, sehingga kotoran dan debu-debu berikut bisa lebih maksimal dikeluarkan.

Selanjutnya memakai sabun atau deterjen yang biasa dipakai untuk mencuci pakaian. Tidak tersedia salahnya juga misalnya Anda menginginkan memakai shampoo karpet.

Sikat bersama tangan atau memakai sikat yang bertangkai bersama lembut terhadap anggota karpet yang kotor. Jangan menyikat terlampau keras sehingga bulunya tidak rontok.

Setelah bersih, laksanakan pembilasan bersama semprotan yang tidak keras (lembut), dan biarkan air membawa seluruh kotoran berasal dari karpet. Ulangi pembilasan ini hingga karpet bersih berasal dari sabun dan kotoran-kotorannya.

Beri pelembut (softener) bersama langkah dilarutkan bersama air dingin secukupnya. Gunakanlah sesuai bersama kebutuhan.

Gantungkan karpet di tempat yang tidak langsung terkena cahaya matahari sehingga bulu karpet tidak kasar dan di tempat yang memadai angin sehingga lebih cepat mengering. Perhatikan juga sirkulasi hawa di tempat berikut sehingga karpet tidak bau.

Setelah karpet kering, taburilah bersama baking soda atau soda kue (untuk menyingkirkan bau sekaligus menyerap lembab). Biarkan beberapa saat, kemudian bersihkan baking soda berikut bersama mesin vacuum cleaner hingga bersih.

Bangunkan lagi bulu-bulunya (jika diakui perlu) bersama langkah menyikat-nyikatnya bersama sikat tangan plastik bersama lembut.

Gulung atau lipat karpet sesuai standar yang udah ditetapkan, kemudian masukkan kedalam kantong plastik pembungkus sehingga tidak kotor terkena debu. Semprotkan wangi-wangian (jika perlu) sebelum plastik pembungkusnya ditutup.

Cara Mencuci Karpet Dengan Mesin Cuci Khusus :

Pertama-tama gelar karpet di lantai. Lalu sedot atau hilangkan debu-debu berikut bersama memakai mesin vacuum cleaner.
Masukkan karpet kedalam mesin cuci, dan laksanakan proses pencucian biasa dan bersama type chemical yang mirip layaknya mencuci pakaian yang berwarna terang. Jangan lupa diberi pelembut (softener) secukupnya sebelum diperas. Persingkat waktu pemerasan akhir (final extract).

Keluarkan karpet berasal dari mesin cuci, dan keringkan di tempat yang tidak langsung terkena cahaya matahari sehingga bulu karpet tidak kasar dan di tempat yang memadai angin sehingga lebih cepat mengering. Perhatikan juga sirkulasi hawa di tempat berikut sehingga karpet tidak bau.

Setelah karpet kering, taburilah bersama baking soda atau soda kue (untuk menyingkirkan bau sekaligus menyerap lembab). Biarkan beberapa waktu kemudian bersihkan baking soda tadi bersama langkah disedot mesin vacuum cleaner hingga bersih.

Bangunkan lagi bulu-bulunya (jika diakui perlu) bersama langkah menyikat-nyikatnya bersama sikat tangan plastik bersama lembut.
Gulung atau lipat karpet sesuai standar yang udah ditetapkan. Lalu masukkan ke di dalam kantong plastik pembungkus sehingga tidak kotor terkena debu. Semprotkan wangi-wangian (jika perlu) sebelum plastik pembungkusnya ditutup.Jika anda sedang tidak ada waktu untuk membersihkannya anda bisa menggunakan Jasa Cuci Karpet.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.